Update 19:31 date 22/09/2018
POLITIK | 12 Jul, 2018 | 12:10

Airlangga tegaskan Golkar dukung Jokowi tanpa syarat Cawapres

Jokowi buka puasa bersama relawan GoJo. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho Merdeka.com – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menegaskan komitmennya untuk tetap mendukung capres petahana Joko Widodo atau Jokowi kalaupun nanti ia tak dipilih menjadi cawapres Jokowi. Ia mengatakan saat di awal menyatakan dukungan kepada Jokowi, partainya tak mensyaratkan soal posisi cawapres harus dari Golkar. […]

Jokowi buka puasa bersama relawan GoJo. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho

Merdeka.com – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menegaskan komitmennya untuk tetap mendukung capres petahana Joko Widodo atau Jokowi kalaupun nanti ia tak dipilih menjadi cawapres Jokowi. Ia mengatakan saat di awal menyatakan dukungan kepada Jokowi, partainya tak mensyaratkan soal posisi cawapres harus dari Golkar.

“Berkali-kali disampaikan bahwa Golkar adalah yang mendukung Bapak Presiden yang paling awal dalam bentuk keputusan organisatoris yang jelas. Baik dalam rapimnas maupun munas. Dan di awal tersebut dalam statement-nya Partai Golkar tidak memberikan persyaratan untuk itu (cawapres). Oleh karena itu sesuai dengan apa yang disampaikan dan pembicaraan dengan ketua umum partai-partai yang ada terutama yang mendukung Pak Presiden, Partai Golkar menyerahkan nama tersebut ke Pak Presiden,” jelasnya di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (12/7) sore.

Ia pun tak ingin berandai-andai siapa yang akan dipilih Jokowi sebagai cawapresnya. Apakah dirinya atau justru nama lain. Atas dasar itulah ia enggan menanggapi apakah partainya akan tetap konsisten atau beralih jika Jokowi mengambil cawapres bukan dirinya.

“Pertama berandai-andai itu tidak ada dasar hukumnya. Yang kedua tidak ada suara-suara dari Lillahita’ala. Jadi kita tunggu saja apa yang diputuskan oleh Pak Presiden,” ujarnya.

Menteri Perindustrian ini juga enggan menanggapi informasi lima nama cawapres yang telah dikantongi Jokowi. Ia mengatakan tak ada yang bisa melihat nama-nama yang tercatat di dalam kantong Jokowi tersebut.

Airlangga mengatakan, partainya juga tak berniat keluar koalisi Jokowi dan membentuk poros ketiga. Ia keliling bertemu pimpinan parpol seperti Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono bukan dalam rangka merencanakan poros baru.

“Jalan-jalan (bertemu ketua umum parpol) bukan buat bikin poros,” tegasnya.

Pertemuannya dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin juga bukan dalam rangka membahas kemungkinan poros baru Golkar-PKB. Justru pertemuan itu untuk memperkuat koalisi parpol pengusung Jokowi.

“Kita itu dalam rangka penguatan terhadap Pak Presiden baik jilid pertama maupun jilid kedua. Tidak ada (opsi poros ketiga),” pungkasnya. [rnd]

https://www.merdeka.com/politik/airlangga-tegaskan-golkar-dukung-jokowi-tanpa-syarat-cawapres.html
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
KOMEN ANDA