Update 21:36 date 15/08/2018
BERITA | 02 Jul, 2018 | 11:48

Deg-degan Tunggu Pengumuman SBMPTN? Cek Alternatif Masuk PTN Ini

Foto: Suasana SBMPTN di UI Depok. (Nur Azizah-detikcom) Jakarta – Besok para peserta yang lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 akan diumumkan. Tentu ada yang deg-degan menanti pengumuman hasil SBMPTN tersebut. “SBMPTN sudah berjalan dengan baik,” kata Menristekdikti M Nasir seusai menjadi keynote speaker 30 th anniversary ceremony di Auditorium Sukadji Ranuwihardjo […]

Deg-degan Tunggu Pengumuman SBMPTN? Cek Alternatif Masuk PTN IniFoto: Suasana SBMPTN di UI Depok. (Nur Azizah-detikcom)

Jakarta – Besok para peserta yang lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 akan diumumkan. Tentu ada yang deg-degan menanti pengumuman hasil SBMPTN tersebut.

“SBMPTN sudah berjalan dengan baik,” kata Menristekdikti M Nasir seusai menjadi keynote speaker 30 th anniversary ceremony di Auditorium Sukadji Ranuwihardjo MM FEB UGM Yogyakarta, Senin (2/7/2018).

Sebelum pengumuman SBMPTN, sudah ada 110.946 yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Untuk SBMPTN, ada lebih dari 800 ribu peserta yang mendaftar untuk berkuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) seluruh Indonesia.

Pengumuman SBMPTN 2018 akan berlangsung besok, Selasa (3/7) pukul 17.00 WIB. Tentu saja tak semua pendaftar bakal lolos untuk masuk PTN lewat SBMPTN.

“Bagi yang belum (lolos) jangan khawatir, masih banyak perguruan tinggi yang memberikan peluang untuk penerimaan mahasiswa barunya,” ujar Nasir.

Melalui Peraturan Menristekdikti No 90 Tahun 2017, Nasir menetapkan hanya ada 3 jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri. Pertama adalah SNMPTN yang berdasarkan hasil penelusuran akademik, kedua yakni SBMPTN yang berbentuk ujian tertulis maupun berbasis komputer serta berdasarkan keterampilan, dan yang ketiga adalah seleksi mandiri yang ditetapkan oleh PTN. Kuota untuk masing-masing jalur ditetapkan sebesar 30 persen.

Merujuk Permenristekdikti ini, pelaksanaan seleksi mandiri dilakukan setelah pengumuman hasil SBMPTN. Sehingga seharusnya pendaftaran seleksi mandiri PTN masih dibuka setelah besok (3/7).

Namun ada pula kampus yang tak menggelar ujian mandiri seperti Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB hanya menggunakan jalur SNMPTN dan SBMPTN. Sedangkan untuk seleksi masuk Universitas Indonesia hanya tinggal menunggu pengumuman pada 6 Juli 2018.

Sejumlah yang perguruan tinggi negeri menggelar ujian mandiri yang ditujukan kepada para siswa yang belum lolos SNMPTN maupun SBMPTN. Jadwal pendaftaran dan ujiannya pun berbeda-beda.

Berikut jadwal ujian mandiri sejumlah PTN di Indonesia:

Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB membuka jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) tanpa ujian tertulis bagi peserta SBMPTN. Seleksi masuknya menggunakan nilai SBMPTN para peserta.

Namun jika tidak berkenan menggunakan nilai SBMPTN, maka peserta harus mengikuti ujian tertulis.

Dikutip dari laman resmi IPB, biaya pendaftaran UTM adalah Rp 300.000 bagi yang memakai nilai SBMPTN. Namun jika ingin ujian tertulis, maka biayanya adalah Rp 500.000.

Pendaftaran UTM IPB ditutup hingga 4 Juli 2018 atau sehari setelah pengumuman SBMPTN. Pelaksanaan ujian tertulis pada 14 Juli 2018 dan pengumuman hasilnya pada 21 Juli 2018.

Universitas Airlangga

Universitas Airlangga (Unair) yang terletak di Surabaya, Jawa Timur, juga membuka seleksi mandiri. Namun Unair sama sekali tak menggelar ujian tertulis.

Unair menggunakan nilai SBMPTN untuk proses seleksinya. Pihak Unair yang akan mengakses data nilai SBMPTN ke panitia di pusat kemudian mengumumkan hasilnya kemudian.

“Setelah melakukan pendaftaran secara online, kemudian kami verifikasi. Setelah itu membayar sesuai jalur yang kami berikan. Setelah itu kami yang akan mengakses nilai peserta ke pusat,” kata humas Unair Suko Widodo saat dikonfirmasi detikcom, Senin (2/7/2018).

Peserta bisa mendaftar seleksi masuk Unair ini pada 4 Juli 2018 lewat laman resminya. Biayanya adalah Rp 300.000 untuk jurusan IPA maupun IPS, dan Rp 500.000 untuk yang mengambil jurusan campuran. Hasilnya akan diumumkan pada 19 Juli 2018.

Universitas Diponegoro (Undip)

Undip yang terletak di Semarang, Jawa Tengah, juga menggelar seleksi mandiri.

Dikutip dari situs resminya, pendaftaran seleksi/ujian mandiri Undip ditutup pada 5 Juli 2018. Biaya pendaftarannya adalah Rp 300.000 untuk yang memilih lokasi tes di Semarang dan Rp 375.000 yang memilih lokasi tes di luar Semarang.

Ujian tertulis untuk Undip akan dilaksanakan pada 14 Juli 2018. Hasilnya diumumkan pada 22 Juli 2018.

Universitas Hasanuddin (Unhas)

Buat kamu yang ingin melanjutkan studi ke Makassar, Sulawesi Selatan, masih ada kesempatan walaupun tak lolos SBMPTN. Unhas membuka kesempatan untuk tes seleksi mandiri lewat jalur non-subsidi (JNS).

Dikutip dari situs Unhas, jalur ini diperuntukkan bagi peserta SBMPTN yang tak lolos seleksi. Pendaftaran dilakukan pada 6-14 Juli 2018.

Pengumuman jika memenuhi syarat dilakukan pada 19 Juli 2018 dan pada 24 Juli 2018 dilakukan tes psikologi. Sehari kemudian, akan dilakukan tes wawancara.

Hasilnya akan diumumkan pada 28 Juli 2018. Adapun biaya administrasi untuk seleksi ini adalah Rp 750.000.

Universitas Sriwijaya (Unsri)

Unsri juga membuka seleksi mandiri buat kamu yang tak lolos SBMPTN. Kamu harus mengikuti ujian tertulisnya dahulu untuk bisa lolos seleksi.

Dikutip dari situs resmi Unsri, pendaftaran dibuka hingga tanggal 8 Juli 2018. Setelah itu ujian dilakukan pada 10 Juli 2018. Hasilnya akan diumumkan pada 14 Juli 2018.

Adapun biaya pendaftaran Ujian Seleksi Masuk Bersama (USBM) Unsri adalah Rp 350.000 untuk jalur IPA atau IPS dan Rp 450.000 untuk jalur campuran. Khusus untuk warga negara asing (WNA), biaya pendaftarannya adalah Rp 1.500.000.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terletak di Yogyakarta membuka kesempatan buat kamu yang belum lolos SNMPTN dan juga SBMPTN. Dikutip dari situs resmi UGM, jalur Ujian Tulis (Utul) terbagi ke tiga kelompok yakni saintek, soshum, dan juga campuran keduanya.

Biaya pendaftaran untuk kelompok saintek dan soshum adalah Rp 300.000. Sedangkan untuk kelompok campuran saintek-soshum adalah Rp 325.000.

Namun pendaftaran Utul UGM sudah ditutup pada 25 Juni 2018 lalu. Adapun tes tertulis akan dilakukan pada 6 Juli 2018 dan hasilnya diumumkan pada 18 Juli 2018.

(bag/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

https://news.detik.com/berita/d-4094498/deg-degan-tunggu-pengumuman-sbmptn-cek-alternatif-masuk-ptn-ini
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
KOMEN ANDA