Update 04:44 date 16/07/2018
DUNIA | 12 Jul, 2018 | 05:20

Diminta berhenti memasok senjata nuklir ke Iran, Korut minta Isreal bayar $ 1 miliar

Reaktor nuklir Iran. ©2018 Merdeka.com Merdeka.com – Korea Utara bertekad tidak akan berhenti memasok teknologi rudal ke Iran kecuali jika Israel mau menyerahkan USD 1 miliar kepada negara tersebut. Informasi itu diperoleh dari mantan diplomat Korea Utara yang membelot, Thae Yong-ho. Thae menuturkan bahwa tawaran disampaikan Korea Utara dalam sebuah pertemuan pada tahun 1999 silam. […]

Reaktor nuklir Iran. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com – Korea Utara bertekad tidak akan berhenti memasok teknologi rudal ke Iran kecuali jika Israel mau menyerahkan USD 1 miliar kepada negara tersebut. Informasi itu diperoleh dari mantan diplomat Korea Utara yang membelot, Thae Yong-ho.

Thae menuturkan bahwa tawaran disampaikan Korea Utara dalam sebuah pertemuan pada tahun 1999 silam. Dalam pertemuan itu, Thae bertugas sebagai penerjemah.

Saat itu, Duta Besar Korea Utara untuk Swedia Son Mu-sin melakukan pendekatan kepada rekannya di Israel Gideon Ben Ami untuk menyampaikan maksud tersebut. Mereka bertemu di sebuah kafe di Stockholm.

“Israel menolak negosiasi tersebut. Beberapa hari kemudian negara tersebut menawarkan bantuan makanan untuk mengganti USD 1 miliar, namun tawaran itu tidak membuahkan hasil,” ungkap Thae, dikutip dari Middle East Eye, Kamis (12/7).

Kemudian, Korea Utara pun melanjutkan perjanjiannya dengan Iran, untuk tetap membantu negara tersebut mengembangkan senjata nuklir. Menurut WikiLeaks, sampai pada 2010 sudah ada 19 rudal balistik Korea Utara yang dialihkan ke Iran.

Dalam sebuah wawancara, Ben Ami membenarkan bahwa dia pernah melakukan pertemuan pada 1999. Namun baik dirinya maupun Son tidak memberikan pembenaran terkait permintaan dana USD 1 miliar. [frh]

https://www.merdeka.com/dunia/diminta-berhenti-memasok-senjata-nuklir-ke-iran-korut-minta-isreal-bayar-1-miliar.html
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
Tag Berkaitan:
KOMEN ANDA