Piala Dunia 2010Gambar Piala Dunia 2010. Tim Nasional Paraguay tidak punya catatan positif di pentas Piala Dunia. Albirroja hanya tiga kali lolos babak 16 besar pada 1986, 1998, 2002 dan terhenti sampai di sana saja.

Sekalipun begitu, kualifikasi Piala Dunia 2010 merupakan kon­testasi terbaik mereka, jika menganggap remeh bukan mus­tahil anak-anak Paraguay men­jadi kerikil terbesar yang meng­ha­la­ngi debutan tim-tim tangguh.

Apalagi, Albirroja bukanlah tim asing di Piala Dunia. Sejak Piala Dunia pertama digelar pada 1930 di Uruguay, mereka telah tampil sebanyak tujuh kali. Piala Du­nia 2010 Afrika Selatan men­jadi penampilan mereka yang keempat di putaran final secara beruntun.
Abirojja

Memang, torehan prestasi itu terbilang tidak cukup untuk me­nyebut Paraguay akan bicara ba­nyak di Afrika Selatan. Namun, kemampuan mereka bertengger di urutan ketiga klasemen kua­lifikasi Piala Dunia 2010 Afrika Se­latan Zona Amerika Latin deng­an 33 poin, atau hanya kalah satu angka dari Brasil di puncak, menunjukkan kekuatan mereka semakin pantas diperhitungkan tim-tim favorit lainnya.

Paraguay lolos babak penyi­sihan grup zona Amerika Selatan dengan koleksi 33 poin. Berada di peringkat ketiga di bawah Bra­sil dan Chili, mereka menca­tat rekor 10 kemenangan, tiga kali seri dan lima kekalahan. Tujuh kemenangan di Estadio Defen­sores del Chaco dan kekalahan tim bersejarah Argentina mem­buka lebar peluang skuad Marti­no mengamankan tiket final tur­namen Piala Dunia, sekaligus se­bagai peringatan keras untuk ke­tiga calon rivalnya di Grup F.

Itu sebabnya, pelatih Gerardo Martino bisa belajar dari dua pe­luang sebelumnya, yakni saat Pa­ra­guayans kandas di fase knock out dari tim tuan rumah Pran­cis (1998) dan Jerman di Ko­rea Selatan-Jepang, 2002 si­lam. Juga dari kemunduran per­forma saat tereliminasi putaran pertama Piala Dunia 2006 di Jerman.

Albirroja memang sedang segar-segarnya dengan hadirnya banyak bakat muda. Saat ini Pa­raguay bisa dikatakan mengala­mi masa transisi, menyusul pen­siunnya sejumlah pemain lama, seperti Carlos Gamarra, Francis­co Arce, Celso Ayala, dan kiper Jose Luis Chilavert. Di Afrika Se­­latan, Paraguay akan meng­andalkan sejumlah darah muda, misalnya Nelson Haedo Valdez, Julio dos Santos, Jose Montiel, dan Oscar Cardozo.

Bagaimana dengan bintang andalan Albirroja? Roque Luis Santa Cruz Cantero atau yang lebih dikenal dengan Santa Cruz, si muda yang membara adalah salah satu bintang yang bakal bersinar Paraguay di Piala Dunia 2010. Kapten timnas ini takkan dilupakan begitu saja setelah pada 2006, Santa Cruz dinobat­kan sebagai pemain terseksi di ajang Piala Dunia Jerman oleh media massa setempat, Die Welt dan kicker.

Santa Cruz mengawali debut bersama Albirroja di usia 17 tahun. Tampil di Copa Amerika, Cruz menorehkan aksi gemilang dengan mencetak hattrick. Pada Piala Dunia 2002, striker klub Premier League Manchester City ini sukses menyelamatkan tim­nya dari depakan babak penyi­sih­an melalui satu gol. Total tu­juh gol telah dicetaknya sepan­jang kualifikasi Piala Dunia 2002 dan 2006.

Incar Klub Eropa

Sementara itu, menjelang per­helatan akbar di Afrika Selatan, Santa Cruz telah mengantongi gelar top skorer Paraguay di babak kualifikasi dengan koleksi tiga gol.

Kiranya, keberhasilan Albir­roja menjuarai turnamen sepak bola pemuda internasional Milk Cup pada 2002, 2003, dan 2006, pantas menjadi jaminan bahwa mereka akan bersuara lebih lan­tang di Afrika Selatan. Setidak­nya, Valdez dkk bisa diharapkan membawa Paraguay melangkah melampaui 16 besar.

Di tangan Martino, Paraguay menjelma menjadi tim yang mam­pu menjaga keseimbangan dalam menyerang dan bertahan. Selain itu, daya gedor Paraguay juga semakin berbahaya karena penyerang mereka juga mampu merusak fokus bek lawan dan membuka ruang bagi rekan lain untuk mencetak gol.

Modal dasar itu akan semakin berkembang dengan dukungan motivasi para pemain muda un­tuk unjuk gigi agar menarik per­hatian minat klub-klub besar Ero­pa. Para pemain Paraguay se­lalu bermimpi bergabung dengan klub Eropa. Piala Dunia akan jadi ajang pamer aksi mereka, se­kaligus membawa timnya ber­pres­tasi setinggi mungkin.

Asal tidak terlalu egois men­cari perhatian, barisan muda Pa­ra­guay ini bisa mengalahkan suk­ses para pendahulunya.

Tahun ini merupakan penam­pilan kedelapan Paraguay di ajang Piala Dunia. Dari delapan kali partisipasi, Albirroja men­catat enam kemenangan, tujuh kali seri dan sembilan kekalahan. Meski sempat diremehkan ke­kua­t­annya pada final drawing Piala Dunia 2010, jika melihat catatan perjalanan selama babak kualifikasi, Paraguay berpotensi menjegal sang juara bertahan Italia.

Kemampuan Albirroja bertengger di urutan ketiga kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Latin pantas diperhitungkan.

Gambar Maskot Piala Dunia 2010

Maskot Piala Dunia 2010

Berita terkait:

February 22nd, 2010 | Tags:

Komentar untuk Gambar Piala Dunia 2010

No comments yet.

TOP