Update 21:15 date 15/10/2018
POLITIK | 12 Oct, 2018 | 11:34

Harimau Putih Tak Jadi Dibunuh Usai Terkam Pawang Hingga Tewas

Belum diketahui pasti apa yang membuat harimau putih menyerang petugas kebun binatang itu. (Reuters) Tokyo – Berkat permintaan keluarga korban, harimau putih langka yang menerkam seorang penjaga kebun binatang hingga tewas di kandangnya di sebuah kebun binatang di Jepang, tidak dibunuh. Sebelumnya, aparat setempat mengatakan, seorang pawang kebun binatang, Akira Furusho, 40 tahun, ditemukan dengan […]

Harimau Putih Tak Jadi Dibunuh Usai Terkam Pawang Hingga TewasBelum diketahui pasti apa yang membuat harimau putih menyerang petugas kebun binatang itu. (Reuters)

Tokyo – Berkat permintaan keluarga korban, harimau putih langka yang menerkam seorang penjaga kebun binatang hingga tewas di kandangnya di sebuah kebun binatang di Jepang, tidak dibunuh.

Sebelumnya, aparat setempat mengatakan, seorang pawang kebun binatang, Akira Furusho, 40 tahun, ditemukan dengan leher berlumuran darah di dalam sebuah kandang harimau itu di kebun binatang Hirakawa di kota Kagoshima.

Serangan terjadi pada Senin (08/10) malam. Akira Furusho dibawa ke rumah sakit namun dinyatakan meninggal akibat luka-luka yang dideritanya.

  • Seorang pendeta tewas diterkam buaya saat acara pembaptisan
  • Harimau Bonita yang menewaskan dua orang di Riau dievakuasi
  • Sempat hentikan operasi pabrik mobil di India, seekor macan tutul ditangkap

Harimau jantan, bernama Riku itu kemudian dibius dengan obat penenang sebelum petugas penyelamat dan polisi tiba di lokasi kejadian.

Biasanya, hewan di kebun binatang yang menyerang dan menyebabkan orang meninggal dunia, akan dibunuh. Namun Riku akan dibiarkan tetap hidup sesuai dengan permintaan dari keluarga korban.

“Kami berencana untuk tidak membunuh Riku dan membiarkannya hidup karena keluarga yang ditinggalkan meminta kami demikian,” kata Takuro Nagasako, seorang petugas dari kebun binatang, seperti dikutip kantor berita AFP.

Peristiwa itu diperkirakan terjadi ketika Furusho masuk ke dalam untuk membersihkan kandang. Harimau-harimau itu biasanya dikeluarkan dulu dari kandangnya ke area terpisah sebelum staf kebun binatang masuk.

Polisi kini tengah menyelidiki bagaimana pengawasan kebun binatang terhadap keempat harimau itu.

Pada tahun 2017, penjaga kebun binatang Inggris juga diterkam oleh seekor harimau di kandangnya di kebun binatang Cambridgeshire.

Sementara di Rusia, seorang penjaga kebun binatang selamat dari serangan harimau di kota Kaliningrad.

Harimau putih
Harimau putih
Harimau putih merupakan spesies langka. (AFP)

  • Harimau putih adalah spesies langka, keluarga dari harimau Bengal berbulu kuning.
  • Kini hewan-hewan tersebut dipelihara di kebun-kebun binatang, sebagian dari mereka dikawinkan silang untuk mempertahankan kelangsungan jenis harimau berbulu khas itu.
  • Sejumlah harimau putih di berbagai kebun binatang memiliki banyak masalah kesehatan, seperti masalah penglihatan dan cacat.
  • Terakhir kali harimau putih yang terlihat berkeliaran di alam bebas, mati ditembak pada tahun 1958. Setelah itu dilaporkan sejumlah penampakan harimau putih terlihat berkeliaran di India.


(nvc/nvc)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

https://news.detik.com/bbc-world/d-4254073/harimau-putih-tak-jadi-dibunuh-usai-terkam-pawang-hingga-tewas
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
KOMEN ANDA