Update 19:58 date 17/08/2018
HIDAYAH | 10 Aug, 2018 | 13:30

Hemat Uang dan Waktu, 19 Trik Rahasia Ini Bisa Bikin Rumah Bersih dalam Sekejap

Ilustrasi (iStock) Liputan6.com, Jakarta – Setiap orang tentunya mendambakan memiliki rumah yang bersih dan tertata. Demi menjaga kebersihan dan kerapian, maka ada serangkaian pekerjaan rumah tangga yang harus dilakukan. Mencuci piring dan pakaian, merapikan taman, menyetrika baju, membersihkan kulkas, mengepel, hingga menyapu, orang-orang cenderung ingin menggunakan trik yang sederhana namun tepat, karena mereka menganggap kegiatan tersebut […]

Liputan6.com, Jakarta – Setiap orang tentunya mendambakan memiliki rumah yang bersih dan tertata. Demi menjaga kebersihan dan kerapian, maka ada serangkaian pekerjaan rumah tangga yang harus dilakukan.

Mencuci piring dan pakaian, merapikan taman, menyetrika baju, membersihkan kulkas, mengepel, hingga menyapu, orang-orang cenderung ingin menggunakan trik yang sederhana namun tepat, karena mereka menganggap kegiatan tersebut melelahkan, menyita waktu dan tenaga.

Untuk mencegah Anda dari kewalahan dalam mengurus pekerjaan rumah tangga, mungkin Anda bisa mencoba beberapa trik berikut ini.

Seperti dikutip dari laman Bright Side, Jumat (10/8/2018), sedikitnya ada 19 metode yang bisa diterapkan untuk meringkas pekerjaan rumah tangga Anda.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


1. Kamar Mandi

1. Toilet

Jika Anda memiliki sisa minuman soda, jangan dibuang. Cairan ini ampuh membersihkan noda di toilet. Cukup tuangkan sisa minuman soda ke area yang ingin dibersihkan dan biarkan selama beberapa jam (atau semalaman). Setelah itu, cukup siram dengan air. 

2. Bau Menyengat

Soda kue adalah pembersih paling efektif yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau toilet. Caranya, sebarkan beberapa sendok makan soda kue di bagian dalam toilet dan tunggu selama 10 menit. Lalu sikatlah.

Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan beberapa tetes minyak esensial.

3. Lantai Kamar Mandi

Untuk membuat ubin kamar mandi Anda berkilau dan bersih, aplikasikan campuran jus lemon dan soda kue. Buat pasta dari 2 bahan sederhana ini dan gosok lantai, bak mandi serta shower Anda. 

4. Keran 

Ada trik bagus dan murah yang dapat membantu Anda membersihkan lubang keran. Taruh potongan lemon segar di bibir keran (pastikan menempel kuat) dan diamkan selama satu jam. Lalu bilas dengan air mendidih.

 

Excuse the sink I was in the middle of cleaning! Quick tip for limescale. We live in a really hard water area so once a week I use a lemon on the limescale. Cut it in half and slot snuggly on to the tap then after an hour take them off and rinse with boiling water🙌🽠#cleaning #cleanfreak #lovetoclean #cleanhome #happy #zoflora #stardrops #disinfectent #haul #cleaninghaul #cleanliness #love #familyhome #fresh #freshness #cleaningblogger #picoftheday #instaclean #instadaily #springclean #springcleaning #like4like #cleaningday #laundry #cleaninghacks #deepclean #cleaningmyhome #cleaninglady #housework #declutter

A post shared by Cammeron (@cleaningheavenat47) on May 18, 2018 at 6:05am PDT

5. Sikat Gigi

Sikat gigi dan gagangnya merupakan benda paling kotor di rumah. Hidrogen peroksida solusinya, sebab bisa membunuh semua kuman berbahaya dan zat ini aman bagi manusia.

Cukup rendam bulu sikat dalam cairan tersebut selama satu jam dan tuangkan beberapa hidrogen peroksida di dalam cangkir te mpat sikat gigi untuk mencegah ujungnya kotor.


2. Dapur

1. Loyang

Gunakan soda kue untuk membersihkan loyang atau pemanggang kue dengan mudah. Sebarkan bubuknya ke seluruh permukaan oven dan tuangkan sedikit air mendidih di atasnya. Diamkan selama satu jam, lalu bilas.

 

Good Morning Happy Sunday … just a very simple tip for you today to help you bring your baking trays up like new. Sprinkle bicarbonate of soda all over your tray and add a small amount of boiled water. Watch the bubbling effect then leave for an hour and rinse. This will really soften burnt on marks making them easier to scrub away. . . . . #cleaning #chores #mumslife #mylife #lovetoclean #cleaningexpert #cleaningduties #keepitclean #cleanup #bakingtrays #cleaningproducts #fresh #shinny #instaroom #blogger #columnist #lifestyle #queenofclean #homehacks #original #cleaningtips #houseclean #cleanhouse #happyhouse #organiser #declutter #homemaker #motivator #homesweethome #instadaily

A post shared by ✨ Queen Of Clean ✨ (@lynsey_queenofclean) on Jun 16, 2018 at 11:39pm PDT

2. Teko

Untuk membersihkan kerak teh pada teko Anda, campurkan setengah botol cuka ukuran sedang dan setengah air (ukuran gelas 250 ml), tuang ke dalam teko dan rebus. Setelahnya, buang air di dalam teko dan cuci. Apabila flek membandel, letakkan cuka di dalam teko dan diamkan selama satu jam sebelum direbus.

3. Piring dan Gelas

Kombinasi lemon, cuka, dan garam dapat dijadikan sebagai deterjen pencuci piring alami yang bagus. Rebus sebuah lemon (potong menjadi empat) dengan 2 gelas air. Tambahkan garam dan cuka, lalu didihkan lagi. Gunakan 3 sendok makan larutan ini sebagai pengganti sabun pencuci piring yang Anda beli di toko.

4. Kulkas

Jika Anda menikmati secangkir kopi di pagi hari, jangan sia-siakan ampasnya. Cukup simpan di dalam lemari es untuk mencegah bau tak sedap.

5. Tempat Cuci Piring

Hidrogen peroksida adalah bahan kimia murah dan pembersih yang sangat efektif untuk dapur. Ini tidak beracun dan sangat aman untuk disemprotkan di sekitar tempat pencuci piring agar semua kuman hilang.

 

Nice shiny sink 🙌🻠#cleaningtips #cleaninghacks

A post shared by Jen (@cleanqueen25) on May 22, 2018 at 10:17am PDT

6. Gelas Kaca

Vodka atau cuka bekerja sangat baik untuk membuat gelas kaca bersinar. Cukup rendam kertas tisu dengan salah satu cairan tersebut — cuka atau vodka. Gosok permukaan gelas sampai Anda puas dengan hasilnya.

 

Custom wine glasses for the wiiiiine loversssss. ðŸ·ðŸ·ðŸ· • • • • • #theletteringjourney #handlettered #wineglass #wineglasses #customwineglasses #winelover #wine #personalizedwineglass #instawine #whitewine #champaign #chardonnay #moet #merlot #moscato #roscato #unwine #winetime #winery #winestagram #winehouse #winelife #wineclub #winecountrywedding #wineenthusiast

A post shared by Britney•Lettering•Calligraphy (@theletteringjourney) on Aug 4, 2018 at 4:59am PDT


3. Cucian Kotor

1. Noda Makanan pada Pakaian

 

Top Tip for you this Saturday morning, I am constantly asked about oil and grease stains on clothing and the answer is… use TALC POWDER. Leave the talc over night so that it soaks up the stain and then wash as normal. Keep some Talc in your laundry box. . If you have oil stains on your drive way other great methods are sawdust and catlitter. . . . . #cleaning #chores #mumslife #mylife #lovetoclean #cleaningexpert #cleaningduties #keepitclean #cleanup #talc #cleaningproducts #fresh #grease #oilstain #blogger #columnist #lifestyle #queenofclean #homehacks #original #cleaningtips #houseclean #cleanhouse #happyhouse #organiser #declutter #homemaker #motivator #homesweethome #instadaily

A post shared by ✨ Queen Of Clean ✨ (@lynsey_queenofclean) on Apr 13, 2018 at 11:14pm PDT

Noda bekas makanan bisa dihilangkan dengan bedak bayi. Sebarkan di sekitar di tempat yang terkena dan biarkan semalaman. Lalu bersihkan dengan mencuci secara normal.

2. Memutihkan Pakaian Putih

Pemutih baju dapat menyebabkan pakaian Anda cepat rusak dan boros. Cobalah menggantinya dengan campuran soda kue dan cuka. Resep alami ini akan membuat pakaian putih Anda benar-benar putih.

3. Boneka

 

ðŸ°ðŸ° . . . . . . . . . #rabbits #collectables #ty #bedroom #teddy

A post shared by Home Clean Home 🡠(@gemmas_clean_home) on Feb 26, 2018 at 12:37pm PST

Bersihkan boneka buah hati Anda dengan campuran soda kue dan tepung jagung. Tempatkan adonan ini dalam kantong ziplock (atau kalau tidak ada bisa gunakan kantong plastik biasa), lalu masukkan boneka. Kocok secara intensif. Pastikan seluruh mainan tertutup bubuk itu. Setelahnya, keluarkan boneka dan sikat atau bersihkan dengan vakum.

4. Pelembut Pakaian

Jika Anda kehabisan pelembut pakaian, cobalah opsi ini. Campurkan 6 cangkir air, 3 cangkir cuka dan 2 cangkir kondisioner rambut. Tambahkan 2 sendok makan cairan ini ke mesin cuci Anda.


4. Ruang Tamu

1. Sofa

Untuk membersihkan sofa di ruang tamu, campurkan 6 sendok makan serpihan sabun batang dengan 1 liter air mendidih. Campuran ini akan memicu busa yang melimpah yang dapat Anda aplikasikan ke sofa kain. Bersihkan dengan kain basah. Resep ini juga bisa membersihkan karpet.

2. Lantai dan Perkakas Kayu

Minyak zaitun dapat berfungsi untuk mengkilapkan lantai atau perkakas kayu di rumah Anda. Taruh beberapa tetes minyak zaitun di atas kain bersih, usapkan pada furnitur kayu Anda.

 

‘Making the old look new’. Gave this anchor door knocker a bit of life. #art #art🎨 #anchor #doorknocker #doorknockers #hmsvictory #navy #beforeandafter #givingitnewlife #refurb #diyhomedecor #diyart #oldtonew #artdiy #grandadsbelongings #coke #coketoclean #clean #sandingwood #brasscleaning #cleanwithcoke #woodstain #woodvarnish #happywithresult #grandadproud #myartoninstagram

A post shared by Miles leggett (@miles87smiley.art) on Apr 29, 2018 at 10:56am PDT

3. Karpet

Untuk membersihkan karpet, Anda bisa gunakan bahan sederhana dan terjangkau. Mulailah dengan membersihkannya dengan penyedot debu. Lalu buat pasta dari 1/4 cangkir garam, 1/4 cangkir boraks dan 1/4 cangkir cuka.

Gosokkan adonan tersebut ke bagian yang kotor dan bernoda, kemudian keringkan. Bersihkan dengan memasukkannya ke mesin pencuci atau cukup sikat secara manual dengan air.

4. Pajangan

Kuningan bisa berubah kusam seiring waktu. Untuk menyegarkannya, campurkan jus yang terbuat dari 1/2 lemon dan soda kue (Anda juga bisa menggunakan garam). Setelah jadi, campuran ini akan berubah menjadi pasta. Gosok lembut ke permukaan kuningan dengan sepotong kain, lalu bilas dan keringkan.

https://www.liputan6.com/global/read/3615681/hemat-uang-dan-waktu-19-trik-rahasia-ini-bisa-bikin-rumah-bersih-dalam-sekejap
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
KOMEN ANDA