Update 03:52 date 21/09/2018
BERITA | 11 Jul, 2018 | 11:36

Ini Konsekuensi Bila Potong Kurban di Dekat Pacuan Kuda Pulomas

Pacuan kuda Pulomas (Rachman Haryanto/detikcom) Jakarta – Pemprov DKI meminta masyarakat mematuhi terkait aturan sterilisasi arena berkuda atau equestrian dari hewan kurban dan kuda lain selama Asian Games 2018. Sebab, bila aturan itu dilanggar, konsekuensi yang diterima Indonesia tidak main-main. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Darjamuni mengatakan aturan pelarangan itu dikeluarkan […]

Ini Konsekuensi Bila Potong Kurban di Dekat Pacuan Kuda PulomasPacuan kuda Pulomas (Rachman Haryanto/detikcom)

Jakarta – Pemprov DKI meminta masyarakat mematuhi terkait aturan sterilisasi arena berkuda atau equestrian dari hewan kurban dan kuda lain selama Asian Games 2018. Sebab, bila aturan itu dilanggar, konsekuensi yang diterima Indonesia tidak main-main.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Darjamuni mengatakan aturan pelarangan itu dikeluarkan berdasarkan persyaratan yang harus dipenuhi Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Bila itu dilanggar, berarti Indonesia tak bisa melaksanakan Asian Games dengan baik.

“Kalau tidak sesuai dengan persyaratan yang kita tanda tangani itu, langsung dinyatakan cacat. Kalau sudah cacat, apa yang sudah dilombakan di sini tidak diakui. Kalau satu cabang sudah dinyatakan cacat, ini akan berpengaruh pada perlombaan lain, sehingga Indonesia tak bisa laksanakan Asian Games yang baik,” kata Darjamuni di Equestrian Park, Pulomas, Jakarta Timur, Rabu (11/7/2018).

Hal ini disampaikan Darjamuni dalam pertemuan dengan panitia kurban dan pengurus masjid yang berada di radius 1 km dari arena pacuan kuda Pulomas, Jakarta Timur. Ada 45 masjid yang dilarang menampung dan memotong korban di dekat venue.

Karena itu, Darjamuni berharap masyarakat tidak ada yang menampung dan memotong hewan kurban di sekitar venue pacuan kuda. Sebab, akan ada tim pengawas internasional yang terus berkeliling secara diam-diam.

“Pengawasan bukan hanya dari Pemprov DKI, wali kota, camat yang mengawasi, tapi ada tim internasional yang kita tidak tahu. Dia keliling terus,” ujar dia.

Darjamuni sekali lagi meminta masyarakat sekitar venue pacuan kuda memaklumi aturan itu. Karena Asian Games ini merupakan event internasional yang pasti mendapat sorotan dunia.

“Kami sampaikan, kami mohon Bapak-bapak dan Ibu-ibu mematuhi aturan yang sudah disepakati ini. Jadi untuk steril dari kuda itu radius 8 km dan kalau hewan kurban itu radius 1 km tidak ada penampungan dan pemotongan. Tentu ini demi bangsa dan negara, saya minta tolong untuk patuhi,” kata dia.
(ibh/rvk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

https://news.detik.com/berita/d-4109924/ini-konsekuensi-bila-potong-kurban-di-dekat-pacuan-kuda-pulomas
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
KOMEN ANDA