Update 11:02 date 16/08/2018
BERITA | 16 Jul, 2018 | 04:56

Jokowi Yakin KPK Profesional Usut Kasus Suap PLTU-1

Presiden Jokowi (Foto: Andhika Prasetia/detikcom) Jakarta – KPK tengah mengembangkan kasus suap Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1. Presiden Joko Widodo (Jokowi) percaya KPK profesional mengusut kasus tersebut. “Itu kewenangan KPK dan saya percaya KPK bertindak profesional,” ujar Jokowi seusai memberikan kuliah umum di gedung akademi bela negara NasDem, Jalan Pancoran Timur II, Jakarta Selatan, […]

Jokowi Yakin KPK Profesional Usut Kasus Suap PLTU-1Presiden Jokowi (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)

Jakarta – KPK tengah mengembangkan kasus suap Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1. Presiden Joko Widodo (Jokowi) percaya KPK profesional mengusut kasus tersebut.

“Itu kewenangan KPK dan saya percaya KPK bertindak profesional,” ujar Jokowi seusai memberikan kuliah umum di gedung akademi bela negara NasDem, Jalan Pancoran Timur II, Jakarta Selatan, Senin (16/7/2018).

Penyidikan kasus ini bermula pada Sabtu (15/7) kemarin. Ditandai dengan penetapan tersangka terhadap pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited Johannes Budisutrisno Kotjo dan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih.


Sebelum tahap penyidikan, kasus ini ‘dibuka’ ke publik dengan proses Operasi Tangkap Tangan (OTT) di sejumlah tempat. Pada penangkapan Jumat (13/7), KPK mengamankan 13 orang. Selain Eni dan Kotjo, ada nama Tahta Maharaya yang merupakan staf dan keponakan Eni, Audrey Ratna Justianty selaku sekretaris Kotjo, M Al Khadziq suami dari Eni yang juga sebagai Bupati Temanggung terpilih, serta 8 orang lainnya yang merupakan supir, ajudan, hingga staf.

Kemudian KPK melakukan penggeledahan di sejumlah tempat, salah satunya ke rumah pribadi Dirut PLN Sofyan Basir. KPK menyita sejumlah dokumen terkait proyek PLTU Riau-1 dari rumah Sofyan. Selain itu, ada CCTV rumah yang juga diamankan.

“Dari lokasi penggeledahan di rumah Dirut PLN, disita dokumen terkait proyek PLTU Riau-1 dan barang bukti elektronik, di antaranya CCTV di rumah tersebut,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada detikcom.

(dkp/dhn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

https://news.detik.com/berita/d-4116892/jokowi-yakin-kpk-profesional-usut-kasus-suap-pltu-1
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
KOMEN ANDA