Update 20:52 date 19/09/2018
POLITIK | 15 Aug, 2018 | 19:34

Korut Klaim Putin Ingin Segera Bertemu Kim Jong-Un

Vladimir Putin (Reuters) Pyongyang – Korea Utara (Korut) mengklaim Presiden Rusia Vladimir Putin sangat ingin bertemu dengan pemimpin mereka, Kim Jong-Un. Media Korut menyebut Putin telah menyatakan kesiapan untuk segera bertemu Kim Jong-Un. Seperti dilansir AFP dan kantor berita Turki, Anadolu Agency, Rabu (15/8/2018), klaim soal Putin siap bertemu Kim Jong-Un itu disampaikan oleh kantor […]

Korut Klaim Putin Ingin Segera Bertemu Kim Jong-UnVladimir Putin (Reuters)

Pyongyang – Korea Utara (Korut) mengklaim Presiden Rusia Vladimir Putin sangat ingin bertemu dengan pemimpin mereka, Kim Jong-Un. Media Korut menyebut Putin telah menyatakan kesiapan untuk segera bertemu Kim Jong-Un.

Seperti dilansir AFP dan kantor berita Turki, Anadolu Agency, Rabu (15/8/2018), klaim soal Putin siap bertemu Kim Jong-Un itu disampaikan oleh kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA), dalam artikel terbarunya.

Disebutkan KCNA bahwa kesiapan itu disampaikan Putin dalam pesan personal kepada Kim Jong-Un untuk merayakan 73 tahun kemerdekaan Korut dari penjajahan kolonial Jepang yang jatuh pada 15 Agustus ini. Perayaan ini ditetapkan sebagai hari libur nasional di Korut dan Korea Selatan (Korsel).

KCNA menyebut Putin selalu menunggu jawaban usai mengundang Kim Jong-Un untuk hadir dalam forum ekonomi di Vladivostok, bulan depan. Namun tidak diketahui pasti apakah Kim Jong-Un juga memberikan jawaban.

Dalam pesan terbaru kepada Kim Jong-Un, Putin kembali menegaskan undangannya itu.

“Saya menegaskan bahwa saya siap bertemu dengan Anda segera untuk membahas isu-isu mendesak soal hubungan bilateral dan persoalan penting di kawasan,” ucap Putin dalam pesannya seperti dikutip KCNA. Tidak disebut lebih lanjut waktu spesifik pertemuan dalam pesan itu.

Dalam pesannya, Putin juga mengungkapkan harapan untuk mengembangkan lebih jauh ‘kerja sama timbal balik termasuk realisasi proyek tripartit’. Proyek tiga pihak itu tidak hanya melibatkan Rusia dan Korut, tapi juga akan melibatkan Korsel.

Secara terpisah, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, membenarkan bahwa Putin mengirimkan telegram kepada Kim Jong-Un. “Menekankan keinginan dan kesiapan untuk menjalin dialog,” sebut Peskov soal isi telegram itu.

Peskov sempat ditanya lebih lanjut soal potensi pertemuan antara Putin dan Kim Jong-Un di Vladivostok. Dalam jawabannya, dia menyatakan forum ekonomi yang nantinya digelar ‘terbuka bagi seluruh pemimpin kawasan’ tapi menambahkan bahwa Moskow ‘sejauh ini’ belum menerima konfirmasi dari Korut bahwa Kim Jong-Un akan hadir.

Sementara itu, KCNA juga menyebutkan bahwa Kim Jong-Un juga mengirimkan pesan kepada Putin. Pesan itu menekankan bahwa ‘tradisi berharga’ dalam perjuangan era perang melawan Jepang, menjadi ‘akar kuat’ bagi hubungan bilateral kedua negara.

Pesan Kim Jong-Un untuk Putin itu tidak membahas soal respons atas undangan Putin. KCNA tidak menyebut lebih jelas apakah pesan Kim Jong-Un itu dikirimkan sebelum atau sesudah pesan dari Putin datang dari Moskow.

(nvc/rna)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

https://news.detik.com/internasional/d-4168085/korut-klaim-putin-ingin-segera-bertemu-kim-jong-un
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
KOMEN ANDA