Update 02:05 date 23/07/2018
POLITIK | 12 Jul, 2018 | 13:54

KPU: Daftar pemilih sementara Pemilu 2019 berjumlah 185.639.674 orang

TPS di museum juang taruna Tangerang. ©Liputan6.com/Angga Yuniar Merdeka.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jumlah total dari daftar pemilih sementara (DPS), di seluruh kota/kabupaten, provinsi di Indonesia. Jumlah ini adalah hasil pemutakhiran data dari hasil rapat pleno Juni kemarin yang masih menyisakan 4 kabupaten di Papua karena alasan teknis. “Karena tanggal 23 Juni […]

TPS di museum juang taruna Tangerang. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jumlah total dari daftar pemilih sementara (DPS), di seluruh kota/kabupaten, provinsi di Indonesia. Jumlah ini adalah hasil pemutakhiran data dari hasil rapat pleno Juni kemarin yang masih menyisakan 4 kabupaten di Papua karena alasan teknis.

“Karena tanggal 23 Juni kemarin kita tetapkan masih kurang 4 kabupaten kota di Papua yang belum, sehingga hari ini sudah selesai dan ditetapkan oleh teman KPU Kabupaten/Kota di Papua, KPU Provinsi Papua, juga sudah melakukan perubahan rekapitulasi DPS tingkat provinsi,” kata Komisioner KPU Viryan usai rapat Pleno Terbuka DPS di Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (12/7).

Jumlah data masuk, lanjut Viryan, kini total DPS berjumlah 185.639.674 pemilih, dengan jumlah lokasi tempat pemungutan suara sebanyak 801.838 titik.

“Jadi ini setelah DPS ditetapkan kami melakukan tahapan perbaikan, tahapan penyusunan DPS hasil pemutakhiran, setelah itu dilakukan penetapan DPT pada Bulan Agustus 2018,” jelas Viryan.

Nantinya, hasil DPS ini akan kembali dicocokan dengan Sistem Daftar Pemilih (Sidalih) yang ada di luar dan dalam negeri.

“Jadi kita akan sinkronkan melalui Sidalih, hal ini terkait dengan sampai hari H nanti teknis pemilihanya nanti, karena dimungkinkan pemungutan suara lebih awal tapi perhitunganya akan dilakukan bersamaan,” tutup Viryan.

Reporter: Muhammad Radityo

Sumber: Liputan6.com [rnd]

https://www.merdeka.com/politik/kpu-daftar-pemilih-sementara-pemilu-2019-berjumlah-185639674-orang.html
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
KOMEN ANDA