Update 00:05 date 23/07/2018
HIDAYAH | 13 Jul, 2018 | 04:30

Ledakan di Dekat Pabrik Kimia Kairo, 12 Orang Terluka

Ilustrasi Foto Ledakan (iStockphoto) Liputan6.com, Kairo – Ledakan dilaporkan terjadi di sebuah pabrik kimia dekat Bandara Internasional Kairo pada Jumat dini hari waktu setempat. Kantor berita Mesir, MENA melaporkan bahwa dua belas orang terluka akibat insiden tersebut. Sejauh ini korban cedera telah dirawat di salah satu rumah sakit di Kairo. Tetapi tingkat keparahan luka mereka belum […]

Liputan6.com, Kairo – Ledakan dilaporkan terjadi di sebuah pabrik kimia dekat Bandara Internasional Kairo pada Jumat dini hari waktu setempat. Kantor berita Mesir, MENA melaporkan bahwa dua belas orang terluka akibat insiden tersebut.

Sejauh ini korban cedera telah dirawat di salah satu rumah sakit di Kairo. Tetapi tingkat keparahan luka mereka belum diketahui.

Seorang juru bicara militer mengatakan, ledakan itu diduga kuat disebabkan oleh suhu tinggi di fasilitas penyimpanan bahan bakar.

“Lalu lintas udara di bandara tak terpengaruh ledakan tersebut,” kata Menteri Penerbangan Mesir, Younis al-Masri seperti dikutip dari BBC, Jumat (13/7/2018).

Menurut saksi mata, suara ledakan itu memekakkan telinga dan kobaran apinya terlihat dari kejauhan.

Gambar yang dibagikan di media sosial Kairo menunjukkan bola api membumbung ke angkasa di Distrik Heliopolis. Petugas pemadam kebakaran berhasil menjinakkan kobaran api dengan cepat, demikian menurut televisi pemerintah.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:


Ledakan di Kompleks Industri China

Sebelumnya, ledakan besar juga dilaporkan terjadi di sebuah kompleks industri di Provinsi Sichuan di barat daya China. Menurut kantor berita Xinhua, ledakan itu menewaskan sedikitnya 19 orang, dan melukai 12 orang lainnya.

Mengutip BBC pada Jumat 13 Juli 2018, ledakan terjadi di sebuah area pusat industri terpadu di Kota Jiang’an pada Kamis 12 Juli petang, sekitar pukul 18.30 waktu setempat, beberapa saat setelah pergantian shift kerja.

Dalam sebuah pernyataan otoritas setempat yang dikutip oleh kantor berita Associated Press, ledakan terjadi di sebuah pabrik kimia yang dioperasikan oleh Yibin Hengda Technology.

Sejauh ini belum diketahui pasti apa penyebab utama ledakan tersebut, namun para korban, baik yang tewas maupun terluka, telah dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Adapun lokasi kejadian sudah disterilkan untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut oleh pihak kepolisian Provinsi Sichuan.

Foto-foto yang beredar di media sosial China, Weibo, menunjukkan api besar dan gumpalan asap membumbung tinggi di sekitar lokasi kejadian.

Petugas pemadam kebakaran dilaporkan telah berhasil mengevakuasi seluruh karyawan dan masyarakat sipil yang ada di sekitar lokasi kejadian. Api disebut baru bisa dikuasai pada dini hari tadi, namun area terkait masih tertutup untuk kepentingan penyidikan.

Associated Press menyebut, China beberapa kali mengalami bencana fatal terkait keamanan pada pabrik kimia. Pada 2015 lalu, sebanyak 173 orang tewas ketika sebuah gudang bahan kimia meledak di kota pelabuhan Tianjin, di timur laut Negeri Tirai Bambu.

 

https://www.liputan6.com/global/read/3587751/ledakan-di-dekat-pabrik-kimia-kairo-12-orang-terluka
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
KOMEN ANDA