Update 13:56 date 18/09/2018
POLITIK | 14 Sep, 2018 | 22:44

‘Lukisan Tertua’ Ditemukan pada Batu Kecil di Afrika Selatan

Lukisan berupa garis-garis silang pada batu dengan pigmen merah oker itu diperkirakan berumur sekitar 73.000 tahun. (Foto: Reuters) Blombos Cave – Para ilmuwan mengaku telah menemukan lukisan pada sebuah pecahan batu kecil di Afrika Selatan yang diyakini sebagai gambar tertua yang pernah dibuat manusia. Lukisan berupa garis-garis silang pada batu dengan pigmen merah oker itu […]

Lukisan Tertua Ditemukan pada Batu Kecil di Afrika SelatanLukisan berupa garis-garis silang pada batu dengan pigmen merah oker itu diperkirakan berumur sekitar 73.000 tahun. (Foto: Reuters)

Blombos CaveGambar tertua

Para ilmuwan mengaku telah menemukan lukisan pada sebuah pecahan batu kecil di Afrika Selatan yang diyakini sebagai gambar tertua yang pernah dibuat manusia.

Lukisan berupa garis-garis silang pada batu dengan pigmen merah oker itu diperkirakan berumur sekitar 73.000 tahun.

Para ilmuwan menemukan bagian kecil dari lukisan – yang disebut-sebut mirip tanda pagar – di Gua Blombos, pantai selatan Afsel.

  • Gempa Meksiko ungkap keberadaan kuil kuno
  • Saluran air bawah tanah Qanat, keajaiban teknologi peninggalan Iran kuno
  • Terungkap, ‘resep rahasia’ pembuatan mumi Mesir Kuno

Temuan tersebut, sebagaimana dipaparkan dalam laporan para ilmuwan, adalah “indikator utama kognisi modern” pada spesies manusia.

Meski para ilmuwan telah menemukan ukiran tertua di dunia, namun hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature, pada hari Rabu (12/9), ini menandai keberadaan gambar abstrak pertama.

Laporan itu menyebutkan bahwa seniman purba menggunakan “krayon berwarna merah oker” untuk menorehkan ke batu itu.

Para ilmuwanReuters Para ilmuwan menemukan pecahan batu itu di GuaBlombos, 300 kilometer di timur kotaCapeTown, Afrika Selatan.

Umat manusia telah menggunakan warna merah oker yang terdapat pada pigmen tanah lempung untuk menggambar setidaknya selama 285.000 tahun.

Secara keseluruhan, gambar itu “mungkin lebih kompleks”, kata arkeolog Christopher Henshilwood kepada Reuters.

“Potongan sketsa pada pecahan bebatuan itu menunjukkan bahwa awalnya mereka menggambar garis-garis itu di atas permukaan batu yang lebih lebar,” katanya.

Henshilwood, yang bekerja di Universitas Bergen di Norwegia dan Universitas Witwatersrand di Afrika Selatan, memimpin penelitian lukisan yang ada di potongan batu tersebut.

Ia mengatakan kepada Reuters bahwa meskipun timnya “ragu-ragu menyebutnya sebagai sebuah bentuk seni”, namun karya itu pasti memiliki “makna bagi orang yang menggambarnya”.

Ada banyak artefak lain yang ditemukan di Gua Blombos, yang berjarak 300 kilometer di timur Cape Town, termasuk manik-manik yang dilapisi warna merah oker, ukiran batu berwarna merah oker, dan peralatan menggambar yang berumur sekitar 100.000 tahun.

Manusia modern, yang dikenal sebagai homo sapiens, pertama kali diketahui muncul lebih dari 315.000 tahun yang lalu di tempat yang kini disebut Afrika.


(dkp/dkp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

https://news.detik.com/bbc-world/d-4212644/lukisan-tertua-ditemukan-pada-batu-kecil-di-afrika-selatan
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
KOMEN ANDA