Update 07:27 date 20/09/2018
POLITIK | 09 Jul, 2018 | 11:48

Politikus Malaysia: Najib Biarkan Jho Low Sembunyi di Hong Kong?

Jho Low (Dok. South China Morning Post) FOKUS BERITA: Najib Razak Ditangkap Kuala Lumpur – Seorang politikus senior Malaysia, Lim Kit Siang, melontarkan pertanyaan terbuka untuk mantan Perdana Menteri (PM) Najib Razak soal apakah Najib secara sengaja membiarkan Jho Low sembunyi di Hong Kong, meskipun memiliki kesempatan untuk menangkapnya. Seperti dilansir The Star, Senin (9/7/2018), […]

Politikus Malaysia: Najib Biarkan Jho Low Sembunyi di Hong Kong?Jho Low (Dok. South China Morning Post)

FOKUS BERITA: Najib Razak Ditangkap
Kuala Lumpur – Seorang politikus senior Malaysia, Lim Kit Siang, melontarkan pertanyaan terbuka untuk mantan Perdana Menteri (PM) Najib Razak soal apakah Najib secara sengaja membiarkan Jho Low sembunyi di Hong Kong, meskipun memiliki kesempatan untuk menangkapnya.

Seperti dilansir The Star, Senin (9/7/2018), pertanyaan untuk Najib dilontarkan oleh Lim Kit Siang, anggota parlemen wilayah Iskandar Puteri yang juga politikus senior Partai Tindakan Demokratik (DAP). Dia mengutip laporan media Hong Kong, South China Morning Post (SCMP).

Laporan SCMP mengungkapkan bahwa miliarder Malaysia, Low Taek Jho alias Jho Low, bersembunyi di tempat yang tidak terlalu tersembunyi. SCMP menyebut Jho Low bersama orang-orangnya menempati sejumlah apartemen mewah di Apartement Pacific Place, Hong Kong, selama tiga bulan.

Jho Low yang disebut-sebut sebagai dalang utama dalam skandal mega korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) tengah diburu otoritas Malaysia.

Menurut SCMP, alasan otoritas Hong Kong tidak mengambil tindakan untuk menangkap Jho Low — meskipun sudah ada Red Notice dari Interpol — adalah karena tidak ada permintaan resmi dari pemerintah Malaysia, yang saat itu masih dipimpin Najib.

Saat ini, Jho Low diketahui telah kabur ke Macau yang tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan negara lain, termasuk Malaysia. Macau merupakan bagian dari China, namun memiliki konstitusi tersendiri.

“Apakah kegagalan pemerintahan Najib sebelumnya untuk mengajukan permintaan resmi ke pemerintah Hong Kong untuk menangkap Jho Low menjadi alasan yang sama mengapa mereka tidak menghentikan ‘tindak kriminal’ dalam skandal 1MDB dalam seluruh empat fase dari tahun 2009 hingga 2014?” tanya Lim.

Empat fase yang disebut Lim merujuk pada dokumen gugatan Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) untuk menyita aset-aset terkait 1MDB. Dokumen setebal 250 halaman itu merinci ‘sejumlah individu, termasuk pejabat publik dan rekanan mereka, yang bersekongkol menyelewengkan secara curang’ dana US$ 4,5 miliar dari 1MDB melalui berbagai cara.

Lim menyatakan bahwa dokumen gugatan itu jelas merusak citra Malaysia, namun Najib yang saat itu masih aktif menjabat PM dan Menteri Keuangan Malaysia, tidak melakukan apapun untuk membersihkan integritas Malaysia.

(nvc/ita)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

https://news.detik.com/internasional/d-4105964/politikus-malaysia-najib-biarkan-jho-low-sembunyi-di-hong-kong
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
KOMEN ANDA