Update 09:32 date 14/08/2018
BERITA | 01 Aug, 2018 | 13:52

SBY Sarankan Jokowi Tunda Infrastruktur Sejak Lama, Ini kata PDIP

Foto: Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Ari Saputra-detikcom) Jakarta – Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhyono (SBY) menyebut langkah Presiden Jokowi menunda pembangunan infrastruktur sudah dia sarankan sejak lama. PDIP menilai Jokowi punya alasan berbeda dengan SBY saat memutuskan menunda pembangunan. “Beda alasan deh kayaknya. Kalau Jokowi punya alasan yang solid karena tekanan […]

SBY Sarankan Jokowi Tunda Infrastruktur Sejak Lama, Ini kata PDIPFoto: Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Ari Saputra-detikcom)

Jakarta – Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhyono (SBY) menyebut langkah Presiden Jokowi menunda pembangunan infrastruktur sudah dia sarankan sejak lama. PDIP menilai Jokowi punya alasan berbeda dengan SBY saat memutuskan menunda pembangunan.

“Beda alasan deh kayaknya. Kalau Jokowi punya alasan yang solid karena tekanan dolar. Jadi faktor eksternal,” kata Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari kepada wartawan, Rabu (1/8/2018).

Eva menjelaskan perbedaan itu. Rencana penundaan pembangunan yang diwacanakan Jokowi disebut Eva murni karena faktor eksternal. Sementara, SBY menunda pembangunan karena diliputi rasa takut yang merupakan faktor internal.

“Zaman SBY alasannya terlalu kencang, yang disoal adalah faktor internal yaitu takut tekanan utang dan itu bukan problem, karena kapasitas mengelola utang pemerintah oke,” jelas Eva.

Karena itu, pembangunan infrastruktur di desa-desa dinilai Eva masih memungkinkan untuk tetap dilanjutkan. Sebab, alasan utama Jokowi ialah demi mengurangi impor.

“Jadi menurutku saat ini karena faktor eksternal (bukan alasan SBY saat itu). Wujudnya sama yaitu pelambatan pembangunan, tapi khusus yang content impornya tinggi. Artinya, pembangunan infrastruktur yang pakai rupiah (misal di desa-desa) lanjut saja,” tuturnya.

Sebelumnya, SBY merespons rencana Presiden Joko Widodo yang hendak menghentikan sementara beberapa proyek infrastruktur besar demi menyelamatkan rupiah. Respons SBY diserukan melalui akun Twitternya.

Menurutnya, langkah Jokowi itu sudah sempat dia sarankan sebelumnya. “Saya dengar pemerintah akan tunda sebagian proyek infrastruktur, guna selamatkan ekonomi kita. Hal ini sudah lama saya sarankan,” cuit SBY.

“Keputusan & kebijakan pemerintah tsb (kalau benar) TEPAT. Saya ikut mendukung. Karena berarti negara UTAMAKAN RAKYAT,” tambahnya.
(tsa/idh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

https://news.detik.com/berita/d-4145375/sby-sarankan-jokowi-tunda-infrastruktur-sejak-lama-ini-kata-pdip
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
KOMEN ANDA