Update 15:22 date 15/10/2018
BERITA | 09 Jul, 2018 | 10:06

Soal Opsi Duet Prabowo-AHY, PKS Yakin Tak Ditinggal Prabowo

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera (Ari Saputra/detikcom) Jakarta – Partai Demokrat menyebut Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto siap berkoalisi dan menerima Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres. PKS tak khawatir ditinggal Prabowo. “Tidak, kita tidak berpikir linear ketika itu Pak Prabowo meninggalkan kita. Ketika Pak Prabowo ke sana (ke Demokrat), kami berpikir Pak […]

Soal Opsi Duet Prabowo-AHY, PKS Yakin Tak Ditinggal PrabowoKetua DPP PKS Mardani Ali Sera (Ari Saputra/detikcom)

Jakarta – Partai Demokrat menyebut Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto siap berkoalisi dan menerima Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres. PKS tak khawatir ditinggal Prabowo.

“Tidak, kita tidak berpikir linear ketika itu Pak Prabowo meninggalkan kita. Ketika Pak Prabowo ke sana (ke Demokrat), kami berpikir Pak Prabowo memperkuat koalisi dengan tetap Gerindra-PKS sebagai backbone (tulang punggung) utamanya,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/7/2018).

Bagaimana sikap PKS andai Prabowo memilih wakil di luar kader mereka? Seperti diketahui, PKS mengajukan sembilan nama baik sebagai capres ataupun cawapres.

“Jawabannya agak tricky karena kalau yang dipilih PKS pun yang lain harus terima. Jadi sama intinya, siapapun yang dipilih dalam proses musyarawah, saya yakin sembilan nama kami punya strong voters kuat. Itu yang akan didukung oleh semua partai koalisi, bukan hanya PKS tapi Gerindra, PAN, yang lain akan sepakat dalam musyawarah bersama,” jawab Mardani.

Mardani mengatakan, koalisi Pilpres 2019 tak semata soal kursi cawapres. Mardani berharap, koalisi ini solid dan dapat memuaskan semua pihak. Dia kembali menyinggung soal peta kabinet 2019 yang sempat diusulkannya.

“Karena kita ingin bukan cuma mengusung capres-cawapres, tapi kami jauh lebih dari itu. Saat pengumuman, ada 10 kementerian utama kita umumkan saat capres-cawapres kita umumkan. Platform Indonesia seperti apa yang diusung oleh koalisi kita,” beber Mardani.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan yang telah bertemu Prabowo menyatakan Prabowo siap menerima AHY sebagai cawapresnya. “Di situ Pak Prabowo dengan tegas mengatakan siap berkoalisi dengan Partai Demokrat dan siap menerima AHY sebagai calon wakil presiden,” kata Syarief di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Pihak Gerindra kemudian meluruskan pernyataan Demokrat. Maksud Prabowo adalah siapapun kandidat cawapresnya, itu bakal dibicarakan dulu dengan semua mitra koalisi. Sejauh ini belum ada keputusan final soal cawapres Prabowo.

“Jadi apakah nanti Mas AHY jadi cawapres Pak Prabowo, Pak Prabowo akan bicara misalnya dengan PKS dan PAN, juga Demokrat,” kata anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade kepada wartawan.
(gbr/dnu)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

https://news.detik.com/berita/d-4105882/soal-opsi-duet-prabowo-ahy-pks-yakin-tak-ditinggal-prabowo
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
KOMEN ANDA