Update 19:56 date 17/08/2018
POLITIK | 09 Aug, 2018 | 00:12

Yenny Wahid: Mahfud MD NU tulen

Mahfud MD. ©Liputan6.com/Angga Yuniar Merdeka.com – Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid menegaskan anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD adalah kader Nahdlatul Ulama (NU) tulen. Menurut Yenny, Mahfud MD itu sejak pelajar sudah menjadi kader NU. “Pak Mahfud NU tulen. Beliau menjabat pembina Ikatan Sarjana NU. Memang […]

Mahfud MD. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com – Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid menegaskan anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD adalah kader Nahdlatul Ulama (NU) tulen. Menurut Yenny, Mahfud MD itu sejak pelajar sudah menjadi kader NU.

“Pak Mahfud NU tulen. Beliau menjabat pembina Ikatan Sarjana NU. Memang kader NU, tak perlu diragukan ke-NU-an nya,” kata Yenny di Restoran Kunskrting, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/8) malam.

Yenny pun menyambut positif jika Mahfud MD yang dipilih Capres petahana Jokowi sebagai Cawapres. Menurutnya, Mahfud tak hanya kader NU, tapi tokoh Islam yang bisa melintas batas dan menjalin komunikasi dengan kelompok Islan lainnya seperti Muhammadiyah, Persis, dan lainnya. Karena itulah ia menilai Mahfud merupakan sosok ideal sebagai Cawapres.

“Itu pandangan subjektif saya. Tapi kalau pandangan objektif kita menilai seorang sosok Mahfud MD, ada banyak kriteria yang patut kita puji. Yang pertama track recordnya bersih. Yang kedua Pak Mahfud punya pengalaman baik di legislatif, eksekutif, maupun yudikatif,” jelasnya.

“Ini kan sangat komprehensif pengalaman beliau. Pernah jadi anggota DPR, pernah jadi menteri, pernah juga jadi hakim konstitusi. Ini akan sangat melengkapi cara beliau melihat masalah. Ini yang dibutuhkan negara kita,” imbuhnya.

Yenny mengatakan, warga NU berjumlah jutaan orang dan tak bisa diwakili kader parpol yang duduk di PBNU. PBNU juga menurutnya berasal dari berbagai macam orang. Sehingga dia mengatakan yang mengatakan tak akan mendukung Jokowi jika Cawapres bukan kader NU bukanlah mewakili PBNU tapi PKB.

“Ini bukan PBNU. Ini adalah orang-orang PKB yang kebetulan menjadi pengurus PBNU. Berbeda karena PBNU sendiri kalau kita membaca sikap atau kalimat-kalimat dari Kiai Said Agil Siradj, kemudian Kiai Ma’ruf Amin, itu kan justru menyatakan PBNU enggak ada ancam mengancam, PBNU bukan partai politik. PBNU membebaskan presiden untuk memilih calonnya,” ujarnya.

Ada pengurus parpol yang jadi pengurus PBNU dan seolah-olah mewakili PBNU. Namun, kata Yenny, warga NU di tingkat akar rumput memiliki pandangan beda terhadap Mahfud MD dan akan sangat mendukung jika Mahfud dipilih Jokowi jadi Cawapres.

Mengenai inisial M yang menjadi cawapres Jokowi, Yenny mengatakan tak mau menebak-nebak. “Enggak tahu saya. Ini kita hanya berandai-andai, mana saya tahu. Mana bisa kita tebak hati Pak Jokowi, hanya wacana berkembang. Kalau memang keputusan Pak Mahfud kita akan dukung seribu persen,” pungkasnya. [gil]

https://www.merdeka.com/politik/yenny-wahid-mahfud-md-nu-tulen.html
® Selamat datang ke Saluran. Berita Terkini/ Maklumat yang dikemukakan di sini diambil dari sumber yang boleh dipertanggungjawabkan
KOMEN ANDA