Kata-kata Mutiara Untuk Pendidikan Dari Para Tokoh Terkenal

20+ Kata-kata Bijak Mario Teguh, Bikin Makin Semangat dan Termotivasi!

Dunia pendidikan memang merupakan salah satu kebutuhan yang wajib dimiliki oleh umat manusia. Oleh karena itu, banyak para tokoh terkenal baik dalam negeri maupun luar negeri yang selalu menyampaikan tentang pentingnya dunia pendidikan. Beragam pandangan seputar dunia pendidikan itu sendiri telah tertuang dalam quotes pendidikan para tokoh tersebut, yang tentunya lahir dari pemikiran-pemikiran mereka. 

Perihal kata bijak tentang dunia pendidikan, pastinya dapat memberikan pandangan yang lebih luas lagi. Dengan adanya kata-kata mutiara tentang pendidikan dari para tokoh tersebut, kita pun akan mendapatkan makna yang global dari seluruh dunia. Nah, berikut dibawah ini ada kumpulan quotes jalan tikus tentang pendidikan dari para tokoh terkenal. 

1. “Jangan tuan terlalu percaya pada pendidikan sekolah. Seorang guru yang baik masih bisa melahirkan bandit-bandit yang sejahat-jahatnya, yang sama sekali tidak mengenal prinsip. Apalagi kalau guru itu sudah bandit pula pada dasarnya” (Pramoedya Ananta Toer) 

2. “Kamu calon konglomerat ya? Kamu harus raijn belajar dan membaca, tapi jangan ditelan sendiri, berbagilah dengan teman-teman yang tak dapat pendidikan” (Wiji Thukul)

3. “Mengapa dunia ini begini penuh iga manusia busuk? Hanya karena mau hidup lebih sejahtera dari yang lain? Apakah kesejahteraan hidup sama dengan kebusukan buat orang lain? Alangkah sia-sia pendidikan orangtua kalau demikian. Alangkah sia-sia pendidikan agama. Alangkah sia-sia guru dan sekolah-sekolah” (Pramoedya Ananta Toer)

4. “Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya” (Ki Hadjar Dewantara)

5. “Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa” (Setyo Mulyadi)

6. “Kejeniusan tanpa pendidikan adalah ibarat perak di dalam tambang” (Benjamin Franklin)

7. “Kegunaan pendidikan adalah untuk mengajarkan seseorang untuk berpikir dengan intensif dan kritis. Kecerdasan dan karakter itulah tujuan pendidikan sesungguhnya” (Martin Luther King Jr)

8. “Banyak pendidikan saat ini yang berjalan sangat tidak efektif. Kita terlalu sering memberikan generasi muda rangkaian bunga dimana kita seharusnya mengajarkan mereka bagaimana menumbuhkan tanaman mereka sendiri” (John W. Gardner)

9. “Pendidikan bukanlah sesuatu yang diperoleh seseorang, tapi pendidikan adalah sebuah proses seumur hidup” (Gloria Steinem)

10. ‘Memiliki akal sehat tanpa pendidikan ribuan kali lebih baik daripada berpendidikan tanpa akal sehat” (Robert Green Ingersoll)

11. “Pendidikan tanpa nilai, seberapa bergunanya itu, tampaknya hanya akan menciptakan seorang iblis yang lebih pintar” (C. S. Lewis)

12. “Salah satu tujuan pendidikan adalah mengajarkan bahwa hidup itu berharga” (Abraham H. Maslow)

13. “Bagi orang yang tidak berpendidikan, huruf A hanyalah sebuah tiga garis” (A.A. Milne)

14. “Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan peerempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa bahagia baginya” (Raden Adjeng Kartini)

15. “Pendidikan kita belum memenuhi tuntutan pendidikan karakter. Masih ada kekerasan di sekolah dan rumah, kurikulum semakin padat, dan cara mengajar yang belum ramah anak” (Seto Mulyadi)

16. “Pengalaman selalu lebih penting dibanding level pendidikan dan nilai akademis” (Tere Liye).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *