5 Tips Memilih Mobil Bekas Medan

Agya

Bagi beberapa orang, memiliki mobil adalah sebuah kemewahan. Tetapi bagi orang lainnya, mobil adalah salah satu akomodasi transportasi pribadi yang penting untuk dimiliki. Mobil memang memberikan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan alat transportasi pribadi lainnya. Tidak hanya itu, menggunakan mobil bisa membawa banyak orang dalam satu kali waktu sehingga menghemat waktu perjalanan.

Sayangnya, harga mobil terkadang dianggap terlalu mahal untuk dibeli. Bila hal ini terjadi kepada Anda, maka Anda harus membeli mobil bekas. Membeli mobil bekas tentu tidak selalu buruk, asalkan Anda tahu bagaimana cara memilihnya. Jika Anda tinggal di Medan dan ingin membeli mobil bekas, simak tips membeli mobil bekas medan berikut ini:

  • Lihat Catatan Servisnya

Mobil adalah kendaraan bermotor yang harus dirawat secara rutin, sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui service record. Mobil yang sering diservice akan memiliki performa dan kondisi yang lebih baik. Anda berhak untuk meminta atau melihat catatan service mobil. Periksa juga dimana mobil tersebut sering diservice. Biasanya, mobil yang baik akan diservice secara rutin di bengkel resmi. Lihat juga bagian mobil mana yang paling sering diservice atau diganti.

  • Cek Aksesoris dan Interior Mobil

Ketika Anda akan membeli mobil, hal pertama yang bisa Anda cek adalah bagian interior mobil. Pastikan semua fitur berfungsi dengan baik, mulai dari AC, speaker, switch lampu dan banyak lagi lainnya. Anda juga harus melihat bagaimana keamanan mobil tersebut, seperti bagaimana sabuk pengaman mobil tersebut bekerja dan lain sebagainya. Apabila interior terasa memiliki bau yang apek, bisa jadi mobil tersebut pernah terkena banjir. Anda tidak disarankan untuk membeli mobil yang pernah terkena bencana atau kecelakaan.

  • Kondisi Mesin

Untuk tips ini, Anda membutuhkan ahli mekanik mobil untuk melihat kondisi mesin. Untuk bisa melihat bagaimana kondisi mesin, sebenarnya hanya perlu membuka bagian kap mesin mobil. Mobil yang akan Anda beli harus mudah di starter, memiliki suara yang halus dan tidak ada kebocoran pada komponen mesin. Apabila Anda tidak memiliki teman atau mekanik yang ahli mobil, Anda bisa mengecek mesin melalui test drive. Pastikan bahwa Anda nyaman menggunakan mobil tersebut.

  • Periksa Kelengkapan Dokumen

Sangat penting untuk memeriksa kelengkapan surat kendaraan sebelum melakukan pembayaran. Beberapa dokumen yang dibutuhkan adalah STNK, BPKB dan Faktur. Jika mobil yang akan Anda beli bertipe built-up, silahkan meminta Form A dari mobil tersebut. Teliti lagi nama pemilik, plat dan nomor mesin mobil. Jangan sampai Anda terburu-buru hingga mendapatkan surat yang salah.

  • Tidak Tergiur Harga Murah

Cari tahu berapa harga pasar atau harga normal jenis mobil yang akan Anda beli. Jangan sampai Anda tertipu mobil bekas yang terlampau buruk kondisinya hanya karena tergiur harga murah. Bayangkan bahwa Anda akan mengendarai mobil ini dalam waktu yang cukup lama, Anda akan merasa dirugikan. Biasanya, mobil yang dijual murah merupakan bekas kecelakaan atau banjir, bahkan bisa jadi hanya dipoles ulang tetapi mesinnya sudah rusak.

Nah, itu dia beberapa tips membeli mobil bekas medan yang perlu Anda ketahui. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga mobil bekas medan yang terlalu murah sehingga tidak melihat spesifikasi atau kekurangan dari mobil tersebut. Perlu diperhatikan bahwa mobil yang akan Anda beli adalah bekas sehingga pasti ada kekurangan dari mobil tersebut. Selamat memilih mobil yang akan Anda beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *