8 Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan Agar Puasa Lancar

Image

Puasa merupakan salah satu cara detoksifikasi atau pembuangan racun secara alami dari dalam tubuh, namun proses detoksifikasi ini tidak akan maksimal jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat dan bugar saat berpuasa yang sangat penting diperhatikan selama masa puasa.

Hal ini dilakukan agar Anda tetap sehat dan bugar saat berpuasa. Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan selama bulan puasa.

  • Tidak Pernah Melewatkan Sahur

Cara paling mudah untuk tetap fit saat berpuasa adalah dengan tidak pernah melewatkan sahur. Seperti halnya sarapan, sahur merupakan bagian terpenting untuk menambah asupan energi sepanjang hari hingga tiba waktu berbuka puasa.

Makan dengan baik saat fajar dan memiliki asupan karbohidrat kompleks, serat dan protein seimbang.

  • Makan Secukupnya

Saat Ramadhan, momen yang paling ditunggu adalah saat berbuka puasa. Sayangnya, banyak orang menjadi gila makan buka puasa.

Jika Anda makan banyak saat berbuka puasa, perut Anda akan membengkak dan penuh. Untuk alasan ini, dianjurkan untuk makan dalam jumlah secukupnya saja.

  • Memenuhi Kebutuhan Cairan

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, dan kita membutuhkan jumlah air yang sama dengan yang terbuang saat puasa. Minum air putih minimal 8-12 gelas setiap hari agar tetap fit saat berpuasa.

Selain itu, Anda juga harus menghindari kafein. Hal ini karena kafein merupakan diuretik yang menyebabkan kita lebih sering buang air kecil sehingga menyebabkan cairan keluar dari tubuh dengan cepat.

  • Berolahraga

Puasa bukanlah halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda bisa melakukan olahraga ringan hingga sedang setelah berbuka puasa agar tetap bugar saat tubuh sudah memenuhi asupan energinya, jalan kaki, bersepeda, jogging atau melakukan olahraga lainnya selama 30 menit untuk menyesuaikan dengan kondisi tubuh Anda.

  • Tidur dengan Cukup

Selain memperhatikan asupan makanan, penting juga untuk mengatur waktu tidur Anda. Tidur saat puasa bukan karena tidak makan atau minum seharian, tapi karena kurang tidur.

Jika Anda harus bangun pagi untuk mempersiapkan sahur, maka Anda tidak boleh begadang di malam hari untuk tujuan yang tidak penting. Usahakan untuk tidur lebih awal dari biasanya.

  • Kurangi Kafein dan Rokok

Jika Anda seorang pecinta kopi dan tidak ingin sakit kepala berdenyut-denyut di beberapa hari pertama Ramadhan, cobalah kurangi konsumsi kafein Anda mulai sekarang. Anda bisa mulai dengan beralih ke kopi tanpa kafein atau mengurangi jumlah kopi yang biasa Anda minum setiap hari.

Tidak merokok saat berpuasa dapat menyebabkan perokok mengalami berbagai gejala, antara lain lekas marah, gelisah, tidak sabar, dan sulit berkonsentrasi selama puasa. Untuk menghindari hal ini, kurangi rokok sepanjang hari untuk persiapan.

  • Menghindari Makanan Berminyak dan Pedas

Puasa seringkali dapat meningkatkan keasaman di perut, menyebabkan rasa terbakar dan kembung. Hal ini dapat dihindari dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi yang baik untuk kesehatan Anda.

Untuk itu, menghindari gorengan, makanan yang sangat pedas, makanan asin, dan makanan pedas yang mengandung terlalu banyak gula penting untuk tetap sehat saat berpuasa.

  • Konsumsi Suplemen Tambahan

Orang yang berpuasa cenderung kekurangan nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12. Selain makanan yang bergizi dan olahraga ringan, salah satu cara agar tetap sehat selama bulan puasa adalah dengan mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen multivitamin agar tetap sehat selama puasa.

Program Sehat Realfood Ever Glow atau Ever Glow+ 12 hari dengan kandungan utama Sarang Burung Walet yang diisi dengan ekstrak buah kurma yang mampu menyerap nutrisi tubuh sehingga siap menemani segala aktivitas padat setiap hari. Realfood Ever Glow dan Ever Glow+ dapat membantu mendukung sistem imun dan metabolisme selama puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *